.

CARI DI SITUS PAK MARGOLANG

CARI DI GOOGLE

LISENSI SISTEM BAYAR-BAYAR ANDA

Rabu, 28 Desember 2011

Diklat Dasar Ahli Penyuluhan Pertanian kabupaten Kampar

Penyuluh Pertanian Kabupaten Kampar yang berstatus Penyuluh Ahli pada Bulan Desember 2011 mendapat pelatihan Dasar Ahli di Hotel Al Madinah Bangkinang. Turut mengikuti Diklat ini sebanyak 30 orang Penyuluh Pertanian. diantara Penyuluh terdapat beberapa Penyuluh yang sudah relatip lama namun baru saja menyesuaikan pendidikannya ke Tingkat Sarjana, sehingga telah masuk kepada Kelompok Penyuluh Pertanian Ahli dan perlu mendapatkan Diklat Daasar Ahli. Sebagian besar peserta adalah Penyuluh Pertanian yang baru diangkat sebagai Penyuluh Pertanian PNS.

Dalam kesempatan itu Saya (Nazaruddin Margolang) Alhamdulillah diberi keesempatan untuk memfasilitasi materi Tugas Pokok dan Fungsi Penyuluh Pertanian, Komunikasi dalam Penyuluhan Pertanian dan Praktek Kompetensi. materi tersebut menjadi penting dan menarik karena memang sebagai seorang penyuluh haruslah menguasai dan mengetahui dengan baik apa Peran dan Tugas yang wajib dilaksanakannya sebagai seorang penyuluh. Demikian juga halnya dengan Komunikasi, merupakan sesuatu yang sangat penting di kuasai seorang penyuluh karena dalam tugasnya sangat tergantung kepaaada kemampuan Penyuluh dalam berkomunikasi.

Pelaksanaan Praktek Kompetensi dilaksanakan di Kecamatan  Bangkinang Seberang, Desa Pulau merupakan tempat Praktek kelompok 2 dimana saya membimbing rekan-rekan penyuluh untuk melaksanakan Praktek Kompetensi. secara umum Praktek kompetensi ini memberikan kesempatan kepada penyuluh untuk meningkatkan kemampuannya dalam menyuluh. kegiatan dimulai dari Identifikasi potensi Wilayah, Pengamatan di lapangan, dan mengidentifikasi Kebutuhan Petani, Selanjutnya dilakukan proses Pengolahhan data untuk mendapatkan permasalah yang dihadapi berdasarkan tingkat Urgensi, Serius dan Growthnya. lalu didapatlah beberapa alternatif pemecahan. semua bahan tersebut di rangkum dalam Programa yang  disusun, lalu disusun pula RKPT (Rencana Kegiatan Penyuluhan Tahunan) dan terakhir peserta melaksanakan Penyuluhan dari materi yang dianggap paling urgen untuk dilaksanakan. Setelah itu dilakukan penyusunan laporan kegiiatan Praktek Kompetensi untuk di presentasikan dalam pertemuan Kelas yang dihadiri oleh semua pembimbing Praktek Kompetensi.
nah ..............Dengan demikian  berakhirlah sudah  pelaksanaan Praktek Kompetensi tersebut maka berakhirlah kegiatan Diklat, mudah-mudahan semua yang dipelajari bermanfaat.......... Sukses untuk semua Penyuluh Ahli di Kabupaten Kampar, semoga dapat berbuat yang terbaik untuk Petani di sana.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda !

Anda ingin menjadikan Blog ini menjadi satu Buku, Klik dibawah ini !