CARI DI SITUS PAK MARGOLANG

CARI DI GOOGLE

Kamis, 09 Februari 2012

3 Tahun makan nasi Jatah 2 Tahun Makan Ubi Kayu

Desa Karang Indah, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, merupakan kawasan transmigrasi yang diawali pada tahun 1983. Saat ini kawasan ini memiliki unggulan produk Jeruk yang ditanam  dengan tanaman Padi. produksi Jeruk dikawasan ini dipasarkan sampai ke Wilayah Jawa. Kisaran Harga perkilogram di petani untuk Jeruk Peras Rp. 4.000,- - Rp. 5.000,- dan untuk Jeruk konsumsi meja Rp. 2.000,- - Rp. 3.000,-. Jeruk ini mulai ditanam dikawasan ini pada Tahun 1999 dan sampai saat ini masih produktif. Panen Raya untuk Jeruk disini adalah pada Bulan Juli - Oktober. Jeruk ini telah mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di desa ini.

Desa ini diawali pada tahun 1983 dengan bantuan jatah hidup dari pemerintah selama 3 tahun. setelah itu petani mengkonsumsi Ubi Kayu untuk makan sehari-hari karena di kawasan ini tanaman masih sulit tumbuh karena kondisi lahan yang sangat masam dan mengandung Pirit. Ciri lahan memiliki Pirit adalah dengan terdapatnya tanaman Bulu Babi dan Purun Tikus (Lihat gambar disebelah).
Kondisi tersebut tidak membuat petani putus asa, namun petani tetap bertahan, karena dari tahun ke tahun tanah mulai dapat dibudidayakan. Bahkan pada Tahun 1999 petani memulai menanam Jeruk yang sampai saat ini mampu mendongkrak kehidupannya. demikian penjelasan Ketua Kelompok Tani Maju (Bapak Mulyono) salah satu Kelompok Tani di desa ini.
Di Desa ini terdapat 6 Kelompok Tani dengan luas lahan 450 Ha. Pola tanam umumnya Jeruk dengan sistem Surjan yang dipadu dengan Padi dengan IP (Indek Pertanaman) 100, Pola tanaman Padi dilakukan dengan pola SAWIT DUPA, satu kali wiwit dua kali panen. dimana petani menanam padi varitas Unggul dan varitas Lokal. Di benihkan secara bersama namun dipindah kelahan secara bertahap. Varitas lokal untuk sampai ke lahan sawah setelah 3 kali pindah dan padi varitas Unggul selesi di panen.
Sukses untuk petani yang mampu menjadi pioner penghasil padi dan Jeruk di kawasan ini..... kegigihan petani disini sepertinya pantas untuk diberi PENGHARGAAN semoga ada pihak yang dapat memberikan apresiasi yang Pantas untuk mereka.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda !

Anda ingin menjadikan Blog ini menjadi satu Buku, Klik dibawah ini !