CARI DI SITUS PAK MARGOLANG

CARI DI GOOGLE

Kamis, 09 Februari 2012

Pola kemitraan Berbasis Korporasi

Ratu Elok, 9 Februari 2012, Presented by : Sang Yhang Sri (Catur), Kepala Perum Bulog Kalsel (Insan Ansari M), PT Pertani. (Maryanto). Chip Discussion : Suryo.
Pelaksanaan GP3K-BUMN di PT SHS merupakan Kawalan Pangan Terintegrasi  (KPT) yang dipandu oleh Bulog merupakan program kerja bareng beberapa BUMN dengan menggunakan dana PKBL memberikan dana pinjaman dengan bunga rendah kepada petani. Kegiatan tidak hanya untuk memproduksi beras konsumsi tetapi juga menghasilkan benih yang akan dibeli oleh SHS.
Metoda : menggunakan pola YARNEN (Bayar Panen) dengan 5 sistem paket pilihan.
Memperoleh paket dapat dihubungu SHS SHOP.  yang berfungsi mendekatkan Saprodi yang dibutuhkan petani. SHS SHOP sahabat dekat petani merupakan semboyan dari SHS SHOP. bila suatu wilayah tidak memiliki SHS SHOP maka akan dibentuk Kios pelayanan terpadu SHS SHOP. Kegiatan ini telah memasuki tahun kedua.

PT. Pertani dalam program kemitraan memiliki skema On farm (Penyediaan pupuk, lembaga keuangan dan penyediaan benih unggul) dan Off farm (Bahan Baku Penggilingan Padi, Bahan Baku Industri, Resi Gudang).
13 BUMN pelaksana GP3K yang menunjang program pemberian kredit dengan bungan 6 % per tahun.
Tahun 2011 target Padi 200.000 Ha dan seluruhnya terealisasi.
Pendampingan dan pengawalan oleh Aparat Penyuluhan Pertanian mulai dari CPCL, RDKK, On farm dan Pengembalian Pinjaman.
Paket Saprodi GP3K mulai dari benih s.d. pestisida.
Produk PT pertani terdiiri dari Benih, Pupuk, Pupuk Organiik granular dan cair. PT. Pertani memiliki TOPSINDO (Toko Pertanian Swalayan Indonesia) seperti alfa mart, namun isinya adalah sarana produksi pertanian.
Perum BULOG : Lingkup kegiatan 1. Industri, 2. Jasa., 3. Perdagangan, 4. Peluang Kerjasama. Pola yang dilaksanakan Program On farm : 1. Pola On Farm mandiri, 2 Pola Kemitraan Mandiri, 3 Pola Kemitraan Sinergi.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda !

.

Anda ingin menjadikan Blog ini menjadi satu Buku, Klik dibawah ini !