CARI DI SITUS PAK MARGOLANG

CARI DI GOOGLE

Kamis, 14 Juni 2012

“ Moving Training “ … BALAI PENELITIAN BUAH (BALITBU) TROPIKA SOLOK


Pelatihan Agribisnis Tanaman Buah bagi Penyuluh/Petugas tahun 2012 di UPT Pelatihan Tanaman Pangan Provinsi Riau, selain dilaksanakan di UPT Peltihan juga dilaksanakan di Balai Penelitian Buan (Balitbu) Tropika di solok.
Pelatihan di Balitbu Tropika Solok diawali dengan acara penyambutan yang disampaikan langsung oleh Kepala BALITBU TROPIKA SOLOK (Bapak DR. Catur Hermanto),  yang memiliki komitmen tinggi dalam pengembangan Buah-buahan khususnya dalam penelitian. Bahkan memproyeksikan Balitbu menjadi institusi riset yang berkelas DUNIA.

Balitbu Tropika Solok terletak pada komplek yang memiliki luas lahan 97,8 Ha,  425 m dari permukaan laut. Selain itu Balitbu Tropika solok juga memiliki  7 Kebun Percobaan yang tersebar di Sumatera dan Jawa. Personil Balitbu tropika Solok memiliki 153 orang personil, dengan komposisi pendidikan : 3 S3, 19 S2, 57 S1 dan selebihnya adalah D3, SLTA, SLTP dan SD. Untuk mengakses informasi ke Balitbu kita dapat mengubungi melalui surat, situs, e-mail dan sms center dengan nomor : 0811 6624 892
Buah Unggulan yang dijadikan objek penelitian adalah Pisang, Manggis dan Mangga, disamping komoditi yang memiliki prosprek lainnya. Juga focus pada Buah yang memiliki Trend Setter yaitu sukun, Kesemek, dan Matoa.
Dalam salah satu presentase  di informasikan bahwa Varitas Unggul Durian yang sudah dilepas ada 73 Varitas 3 diantaranya dari Riau yaitu Tembaga, Ome, dan Sijantung. Kelemahannya dalam pengembangan Durian ini adalah dalam pengembangannya. Setelah Varitas di lepas sampai saat ini tidak ada pengembangan varitas di maksud secara luas.
Berkaitan dengan pengembangan Pisang dalam luasan yang besar disarankan untuk menggunakan bibit kultur jaringan,  tidak mengembangkan perbanyakan melalui Bonggol/anakan yang kurang diidentifikasi atau bebas layu fusarium, sebab menggunakan anakan yang tidak terkontrol  akan  beresiko besar dalam serangan Fusarium yang  sangat ditakuti.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda !

Anda ingin menjadikan Blog ini menjadi satu Buku, Klik dibawah ini !