.

CARI DI SITUS PAK MARGOLANG

CARI DI GOOGLE

LISENSI SISTEM BAYAR-BAYAR ANDA

Rabu, 11 Juni 2014

PEDOMAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (Resensi Buku)



  • Judul  : Strategi dan Implementasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
  • Penulis : Nazaruddin Margolang, S.IP. (Widyaiswara Pertanian), M.Si, Zulkarnain, S.Pi.,M.Si, dan  Tengku Khaddafi Al Munir, SP.,MP
  • Penerbit : UR Press
  • ISBN : 978-979-792-447-8
  • Tebal  : xii + 64 halaman
  • Harga : Rp. 35.000,-

             Buku strategi dan Implementasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat ini merupakan buku pedoman yang ditulis berdasarkan pengalaman tim penulis ketika menjadi tenaga ahli pada Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Kampar melalui Lembaga Penelitian Universitas Riau.Dalam buku ini dijelaskan mengenai pedoman dalam pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Buku ini dimulai dengan pendahuluan yang berisi mengenai latar belakang program pemberdayaan ekonomi maysrakat, yang dilanjutkan dengan tujuan dari program pemberdayaan yang terdiri dari tujuan umum dan tujuan khusus dari pelaksanaan program. Setelah mengetahui tujuan dari programnya, dibuku ini juga disajikan manfaat dari pelaksanaan program tersebut.
Setelah mengetahui latar belakang, tujuan, dan manfaat dari program pemberdayaan ekonomi masyarakat, selanjutnya di buku ini dijelaskan mengenai strategi pelaksanaannya. Mulai dari 6  prinsip dasar yang digunakan dalam pengembangan pemberdayaan ekonomi masyarakat, prinsip pengelolaannya yang terdiri dari pendekatan kelompok, transparasi dan akuntabel, dan keberlanjutan. selain itu juga ada strategi dasar, dan strategi operasional serta komponen kegiatan sampai indicator keberhasilan program. Selain itu di buku  ini juga diberi contoh struktur organisasi pelaksanaannya.
Di BAB selanjutnya di terangkan mengenai apa itu LED. Dibuku itu diterangkan bahwa Lembaga Ekonomi Desa atau lebih dikenal dengan LED adalah organisasi masyarakat yang didirikan oleh rakyat, diperuntukkan untuk rakyat, dan beranggotakan masyarakat desa/kelurahan. Dibuku ini akan diterangkan mengenai kedudukan dari LED, contoh bagan organisasinya, sumber modal, serta administrasi dan pembukuan LED-nya. Selain LED dibuku ini juga ada penjelasan mengenai kelompok usaha bersama (KUB), Gabungan Kelompok Usaha Bersama(GKUB).
selain LED, KUB, dan GKUB didalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat juga ada Pendampingan. Pendampingan adalah upaya pendidikan nonformal berkelanjutan yang diberikan kepada masyarakat miskin dengan pendekatan pemberdayaan. Salah satu tujuan pendampingan adalah mengawal keberlangsungan program. Untuk mencapai tujuan-tujuan dalam pendampinga tersebuat ada 2 sistem kerja pendampingan yaitu, kunjungan,dan koordinasi yang dijelaskan di buku ini. Selain itu dibuku ini juga dijelaskan lebih jauh lagi mengenai pendampingan.
Agar program pemberdayaan berjalan dengan lancar harus ada tata cara pemanfaatan dana, selanjutnya agar mengetahui program itu berjalan dengan lancar harus dilakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan. Dibuku ini dijelaskan mengenai hal-hal tersebut.
Dalam buku strategi dan implementasi pemberdayaan ekonomi masyarakat ini, penjelasannya sangat singkat, padat, dan jelas. Selain itu, penjelasannya juga teratur dan tidak bertele-tele. Selain kelebihan dibuku ini juga ada kelemahan yaitu buku ini tidak dilengkapi contoh-contoh nyata mengenai pelaksanaan program pemberdayaannya.

Ditulis oleh : Adina Iswara Margolang, Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Riau / Direktur Eksekutif Yayasan BAKAT (Pengembangan Masyarakat)

Pemesanan buku dapat dilakukan melalui e-mail : nmargolang@yahoo.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda !

Anda ingin menjadikan Blog ini menjadi satu Buku, Klik dibawah ini !