.

CARI DI SITUS PAK MARGOLANG

CARI DI GOOGLE

LISENSI SISTEM BAYAR-BAYAR ANDA

Senin, 08 Desember 2014

Evaluasi Kegiatan PMP (Pemberdayaan Masyarakat Pertanian)

Pak Margolang, Senin, 8 Desember 2014, Bertempat di Pustaka UPT Pelatihan Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan dilaksanakan Evaluasi Kegiatan PMP. PMP merupakan kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakan di 7 Kabupaten di Provinsi Riau. Sebelum pelaksanaan Pemberdayaan dilaksanakan Workshop di tingkat desa di seluruh kabupaten.
Kabupaten Siak dilaksanakan di Desa Laksamana Kecamatan sabak Au yang terdiri dari  para Bapak-Bapak. Kelemahan kelompok di Siak ini adalah kurangnya administrasi kelompok.
Kabupaten Indragiri hilir di laksanakan di Kecamatan Sabak Au, Desa Simpang Jaya, Kelompok Tani Padi Mangurai.
Kabupaten Rokan Hulu dilaksanakan di Balai Desa, Kelompok Tani Harapan Maja Setia, Desa Pasir Maju. Kegiatan workshop dihadiri oleh kelompok tani lainnya. Workshop dihadiri oleh Kabupaten, Sekretaris Camat dan Kepala Desa.
Kabupaten Bengkalis.  Kecamatan siak Kecil, Desa Tanjung Belit  Kelompok Tani Pedame Jaya. Kegiatan dihadiri dari Petugas Kabupaten sebanyak 4 orang dan dari UPT Pelatihan sebanyak 3 orang.
Kota Pekanbaru dilaksanakan di Desa Rawa Bening. Kecamatan Tampan yang dihadiri oleh Kabid dari Badan Pelaksana Penyuluhan Kota Pekanbaru. Komoditi yang diusahakan kelompok adalah sayur.
Kabupaten Kuantan Singingi. Dihadiri oleh Kepala Dinas untuk membuka Workshop. Juga dihadiri seluruh petugas PMP. Kelompok Tani Gading Indah. Gunung Toar. Kelompok Tani merupakan kelompok tani yang bagus dengan Kelas Madya dan Ketua Kelompok sudah pernah diundang ke Istana.
Kota Dumai. Kelompok Tani Harapan Bersama Net. Bukit Kapur dengan jumlah anggota 25 orang. Kelompok telah berdiri setahun yang lalu. Hadir Kabid Dinas Pertanian dari Kota Dumai dan petugas lainnya. Komoditi usaha anggota kelompok adalah sayuran dengan lahan yang statusnya pinjaman.
Beberapa saran dalam evaluasi : Kelompok sasaran yang perlu penetapan yang baik. Perlunya pembinaan rutin di luar penjadwalan minimal 1 tahun sekali. Perlunya melibatkan pihak berkepentingan dalam workshop untuk memantapkan koordinasi. Pola pendampingan yang lebih baik,  penyempurnaan Pedoman Umum.

Salam Pemberdayaan …!!!

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda !

Anda ingin menjadikan Blog ini menjadi satu Buku, Klik dibawah ini !